Bela Rakyat, Jokowi Pertanyakan Tingginya Bunga Kredit Pedagang dari Pengusaha

Bunga Kredit Usaha Rakyat atau KUR terbilang cukup tinggi, yaitu sekitar 22% sampai 23% untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sedangkan untuk perusahaan banyak bernilai 11% hingga 12%. Dengan kondisi seperti ini, harusnya diadakan kembali peninjauan ulang. Pasalnya bunga yang mencapai lebih dari 20% tersebut akan sangat memberatkan bagi pelaku UMKM.

Presiden Joko WIdodo mengangap keadaan ini tidak berasaskan keadilan. Karena dengan adanay kebijakan bunga bernilai tinggi yang dibebankan kepada UMKM, akan memicu terjadinya kesenjangan yang semakin melebar. Akibatnya yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan semakin miskin. Akhirnya presiden Joko Widodo mengambil keputusan untuk menurunkan bunga KUR hingga dibawah 10%, selain itu juga diminta dari pihak Bank untuk menurunkan bunganya.

Berdasarkan pemaparan dari Presiden Joko Widodo, apabila tidak segera diturunkan makan akan terjadi gap yang semakin lebar dan gini ratio akan meningkat. Menurut data, gini ratio pada tahun 2014 mencapai 0.41 lampu kuning menuju merah. Pendapat dari presiden ini tidak berarti menghalangi pertumbuhan perusahaan di Indonesia, hanya saja Jokowi menginginkan pertumbuhan yang adil di sisi mikronya pula. Menurutnya pengusaha kecil yang sedang berkembang lebih membutuhkan bimbingan dan dukungan pemerintah.

Presiden Joko Widodo mempercayai bahwa di Indonesia banyak orang-orang kreatif yang sedang menumbuhkan bisnis menengahnya, namun banyak pula diantara pebisnis UMKM ini terkendala dengan pembiayaan. Presiden menyadari bila hal ini tidak ditangani dengan baik, maka kehidupan UMKM tidak akan bertahan lama. Maka dari itu perlu segera mengambil keputusan untuk menurunkan gap bunga tersebut.

Indonesia yang kaya dengan berbagai produk skala rumahan memerlukan sistem yang baik dan menguntungkan agar pertumbuhan ekonomi dapat merata dan menyentuh hingga ke masyarakat tingkatan terendah. Apabila semuanya dapat berjalan beriringan, bukan tidak mungkin Indonesia mampu berdiri menggunakan kakinya sendiri. Kebijakan penurunan bunga KUR dipilih Presiden Jokowi sebagai langkah mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>