Jokowi Terpilih Menjadi Koordinator Kerja Sama Kemitraan ASEAN-Selandia Baru

Siapa yang tidak bangga memiliki Presiden seperti Bapak Joko Widodo? Pribadinya yang sederhana dan berwibawa membuat banyak pihak percaya kepada beliau untuk menjadi Koordinator pada kerja sama kemitraan. Hubungan kemitraan diadakan antara ASEAN dan Selandia baru.

Kemitraan antara negara ASEAN dan Selandia Baru merupakan perwujudan untuk mendekatkan ASEAN dengan daerah Pasifik Selatan. Kerja sama yang dibangun diharapkan dapat mendukung dan membantu perkembangan kesahteraan rakyat di sana. Ini dilakukan juga sebagai upaya menghormati kedaulatan negara lain yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

Hal harus dilakukan Jokowi sebagai koordinator kemitraan ini adalah memastikan hubungan antara Plan of Action ASEAN dan New Zealand pada tahun 2016 sampai 2020. Tak kalah, Perdana Menteri Selandia Baru John Key memrakarsai usulan tentang People Strategy dan Prosperity Strategy. Mantan walikota Solo itu pun mengaku sangat mengapresiasi hal tersebut.

Jokowi juga menyampaikan bahwa kedua strategi yang diajukan Perdana Menteri Selandia baru akan bermanfaat untuk kerja sama yang dibangun ASEAN dan Selandia Baru. Menurut Jokowi kerja sama di bidang energi (terutama energi terbarukan) dan pangan perlu dilakukan di antara kedua belah pihak. Semuanya demi kesejarterahaan masyarakat ASEAN dan Selandia Baru.

Terutama untuk energi terbarukan supaya kita semua dapat lepas dari belenggu ketergantungan terhadap minyak dunia yang kian menipis. Jokowi mengatakan energi geothermal dan ketahanan pangan sangat potensial terutam di kawasan Asia Tenggara. Tinggal bagaimana kerja sama antar pemerintah untuk mewujudkannya.

Sebagai koordinator kerja sama kemitraan, Jokowi sangat berharap agar kerja sama antara negara ASEAN dan Selandia baru dapat mendekatkan dan mengembangkan kerja sama dengan negara di kawasan Pasifik Selatan. Ini harus diwujudkan untuk menjawab berbagai tantangan di masa yang akan datang.

Presiden Joko Widodo menuturkan terima kasih atas dukungan Selandia baru terhadap inisiatif Indonesia. Inisiatif yang dimaksud adalah mengajukan draft EAS Statement on Enhancing Regional Maritime Cooperation yang diharapkan dapat mewujudkan kerja sama di bidang pariwisata dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>